Kebakaran Hebat di California Memaksa Ribuan Warga AS Mengungsi

KATEGORI

Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube

California – Sebuah kebakaran terbesar dan paling merusak di Southern California membuat warga melarikan diri. Pada hari Ahad (10/12/2017), tiupan angin memperbesar nyala api di sepanjang lereng bukit menuju kota-kota pesisir. Api yang dijuluki Thomas itu telah membakar wilayah sebesar 930 kilometer persegi, wilayah yang lebih besar dari kota New York. Hal ini menjadikannya kebakaran terbesar kelima dalam sejarah modern.

Petugas pemadam kebakaran melaporkan telah menangani kobaran api sebesar 15 persen pada hari Ahad. Namun karena api terus menyebar, persentasenya diturunkan menjadi tak sampai 10. Sekitar 200.000 orang dipaksa untuk mengungsi, dengan hampir 850 rumah dan bangunan lainnya – beberapa rumah mewah bernilai jutaan dolar – hancur.

Sejauh ini dilaporkan satu orang tewas, yakni seorang wanita berusia 70 tahun yang mobilnya menabrak ketika proses evakuasi, ketika sebuah kota kecil Santa Paula mulai disambar api. Kru dengan bantuan dari pesawat yang mengangkut armada air dan helikopter menyelamatkan rumah karena hembusan yang tak terduga membuat kobaran api lebih dalam ke daerah perbukitan di barat laut Los Angeles yang belum terbakar dalam beberapa dasawarsa.

Evakuasi baru diperintahkan saat api mengirimkan sebuah gumpalan besar di dekat Montecito dan Carpinteria, daerah tepi pantai di Santa Barbara County yang telah mendapat ancaman kebakaran berhari-hari dan sekarang penuh dengan asap. Petugas membagikan masker kepada penduduk yang tinggal di Montecito, daerah kantong bukit kaya yang merupakan rumah bagi selebritis seperti Oprah Winfrey, Jeff Bridges dan Rob Lowe.

“Rumah kami terancam dibakar,” kata Ellen DeGeneres dalam Twitternya pada tengah hari Ahad. “Kami hanya harus mengevakuasi hewan peliharaan kami, saya berdoa untuk semua orang di komunitas kami dan berterima kasih kepada semua petugas pemadam kebakaran yang luar biasa.”

Beberapa mil ke barat, kebun binatang Santa Barbara ditutup untuk umum dan 500 hewannya diungsikan. Kebun binatang itu berada tepat di luar area evakuasi, namun asap dan abu meniup melalui lahan seluas 30 hektar. Presiden AS Donald Trump telah mengeluarkan keadaan darurat untuk California, yang mengizinkan pembebasan dana federal. Risiko kebakaran yang tinggi diperkirakan akan berlangsung hingga Januari. Para ahli mengatakan bahwa perubahan iklim menjadikannya sebagai ancaman sepanjang tahun.

Sumber: Daily Sabah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.