Masa Depan Tenaga Manusia tidak akan Dipakai lagi Menjadi karyawan

KATEGORI

Bagikan
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

Tidak disangka teknologi yang semakin canggih bisa membuat pekerjaan bisa dilakukan tanpa orang.

Ya, teknologi mampu menjadikan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Sebuah kafe milik Jack Ma, pengusaha kaya nomor satu di Asia ini telah berhasil didirikan dan mulai beroperasi tanpa kasir dan pelayan (tak berawak) dibagian layanan. Yang tersisa manusia hanya dibagian dapur saja, koki masak.

Kafe bernama Tao Cafe ini menjadi sangat popular di negeri Tirai Bambu (China) dan mulai beroperasi di Hangzhou. Banyak orang yang tidak menyangka kafe seperti ini bisa terealisasi begitu cepat, sehingga berdampak pada industry makanan di Hangzhou. Semua dilakukan dengan kecanggihan teknologi, hanya dengan memindahkan kode QR pada aplikasi Taobao di pintu masuk toko, setiap konsumen akan dimonitor lewat sejumlah kamera di gerai. Tanpa kasir, pembayaran terjadi secara otomatis melalui ponsel ketika konsumen keluar melalui pintu chek out. Hanya dengan menggunakan aplikasi Taobao dan dengan memindai WR Code pada aplikasi tersebut, sistem akan mengingat identitas pelanggan.

Pengunjungpun bebas berbelanja apa saja dan makan di food court yang tersedia. Saat memilih makanan di food court dihadapan pengunjung tersedia layar yang dilengkapi speech-recognition, layar akan bertanya tentang makanan apa yang akan dipilih dan apakah yakin akan membayar. Menu makanan dan harganya serta informasi tentang makanan tersebut terpampang di layar. Jika pengunjung menjawab “Ya” maka harga makananpun akan dipotong dari saldo Alipay.

Sistem operasional dilengkapi secara bersamaan sehingga pengunjung atau pembeli bebas dan leluasa memilih menu makanan dan minuman tanpa harus berebut.

Kecanggihan teknologi ini membuat pembeli atau konsumen bisa mendapatkan rekomendasi makanan sesuai historis karena aplikasi ini mencatat histori makanan sebelumnya. Menunggu pesanan tidak akan lama, pembeli bisa bermain game atau berselancar di dunia maya. Semua pembayaran tidak melalui uang fisik hanya dengan aplikasi digital Alipay . Saldo akan berkurang dari akun Tabao pelanggan.

Namun, jika tetap diperlukan untuk layanan manual tetap akan disiagakan. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman kenyamanan layanan tanpa dibuat ribet dengan uang fisik. Tentu saja Kafe ini sangat menguntungkan karena tidak mengeluarkan biaya operasional untuk membayar gaji kasir dan pelayan.

Kecanggihan teknologi ini akan membuat industry makanan konvensional terancam bangkrut jika tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *