PORTAL BERITA LOMBOK

Budayakan Lombok Membaca

"Budayakan Lombok Membaca", Kirim Informasi atau Video Penting sekitar kamu Melalui WhatsApp Kami +62819-0770-8118 atau Email kami: info@lombokgroup.com || news.lombokgroup.com Member Of LOMBOK GROUP || www.lombokgroup.com

Muhammad Bin Musa Al-Khawarizmi, Ilmuan Muslim Yang Mengembangkan Ilmu Al jabar Dan Algoritma

1 min read

Tanpa jasa Ilmuwan muslim yang termasyhur ini, mungkin keberadaan komputer hanya sebatas angan belaka. Hidup pada tahun 780-850 di Persia dan Iraq, Muhammad Bin Musa al-Khawarizmi mengembangkan sebuah ilmu hitung yang bernama Al Jabar.

Metode tersebut tertulis dalam bukunya yang fenomenal, Al-Kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala atau buku ringkas perhitungan Aljabar dan keseimbangan.

Makna Aljabar yang dalam bahasa Arab disebut al-jabr, mempunyai arti penyelesaian. Gerald de Cramona akhirnya menerjemahkan isi buku tersebut kedalam bahasa latin. Di daratan Eropa, dirinya al-Khawarizmi dikenal sebagai Algoritmi.

Baca Juga:  Berikut 17 Point Perjanjian Ijtima Ulama II Dengan Capres PRABOWO

Namanya pun sangat lekat dengan keberadaan teknologi seperti komputer saat ini. Terbukti, buah dari karyanya tersebut telah menjadi sebuah wujud nyata sebuah teknologi canggih yang mampu merubah wajah peradaban di sepanjang zaman.
Sumber : boombastis.com