PORTAL BERITA LOMBOK

Budayakan Lombok Membaca

"Budayakan Lombok Membaca", Ingin tulisanmu dipublikasikan disini? kirim ke Email kami: info@lombokgroup.com || news.lombokgroup.com Member Of LOMBOK GROUP || www.lombokgroup.com

SPACE IKLAN DISEWAKAN

info@lombokgroup.com

Cloud Hosting Indonesia

Sebagian orang pasti tak asing dengan puasa Senin dan Kamis. Puasa Senin & Kamis memang termasuk dalam ajaran salah satu agama. Namun, ‘penganut’ jenis puasa ini tergolong luas dan lintas agama.

Bahkan terdapat diet dengan menganut sistem yang sama yakni, diet 5:2. Diet ini menuntut orang untuk menyediakan dua hari ‘puasa’ dalam seminggu. Baik puasa Senin dan Kamis maupun diet 5:2 sama-sama memiliki prinsip serupa dan manfaat untuk kesehatan. Ada empat manfaat yang bisa dipetik dari rutin berpuasa.

Baca Juga:  Meminum Kopi Itu Selain Menyehatkan Tapi Juga Memperpanjang Umur

Satu.Makin kurus
Sebuah studi yg dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, partisipan yang menjalani diet 5:2 mengalami penurunan berat badan hingga 5 persen. Sebanyak 27 partisipan dengan obesitas dilihat kemampuan metabolisme lemak dan glukosanya selama diet. Selama puasa, partisipan diminta untuk mengurangi asupan kalorinya hingga 600 kalori.

Dua.Mengurangi risiko serangan jantung
Dari penelitian serupa, periset juga menemukan tekanan darah sistolik pada partisipan berkurang hingga 9 persen. Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang diterima pembuluh darah saat jantung berdetak. Mereka yang tidak menjalani diet 5:2 justru tekanan darah sistoliknya meningkat hingga 2 persen.

Baca Juga:  Ingat Janji Jokowi Soal Insentif Tenaga Medis Covid-19? Hingga Kini Belum Cair

Tiga.Meningkatkan kemampuan mengingat
Satu hal yang peneliti temukan ialah diet menyediakan ‘bahan bakar’ alternatif. Selain itu karena mengakibatkan tekanan oksidatif ringan, diet membuat kemampuan sel saraf untuk memperbaiki kerusakan oksidatif DNA.

Diet jg melindungi otak dari risiko parkinson dan penyakit alzheimer. Diet, khususnya ketogenik, juga mengurangi risiko kejang dan meningkatkan kemampuan belajar & mengingat.

Empat. Meningkatkan kemampuan sistem imun
Satu hal lagi yg cukup mengejutkan ialah puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah riset yg dilakukan oleh tim Longo menyebut puasa pada pasien kanker membuat kadar sel darah putih menurun sementara, tetapi kemudian mengalami peningkatan. Sel darah putih merupakan elemen penting dalam sistem pertahanan tubuh.

Baca Juga:  TNI Dilecehkan Host Acara Dahsyat | Program Music RCTI

Namun, Nick Priest, dosen biologi dan biokimia Universitas Bath mengingatkan bahwa puasa dalam jangka panjang malah akan menimbulkan infeksi.
Sc:cnn

Komentar

| Member Of LOMBOK GROUP | info@lombokgroup.com.