PORTAL BERITA LOMBOK

Budayakan Lombok Membaca

"Budayakan Lombok Membaca", Ingin tulisanmu dipublikasikan disini? kirim ke Email kami: info@lombokgroup.com || news.lombokgroup.com Member Of LOMBOK GROUP || www.lombokgroup.com

Ada Gempa, Berikut Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Lari Keluar

2 min read
  1. Berjalan atau berlari saat gempa bumi terjadi sangatlah berbahaya. Lantai atau tanah sedang berguncang. Sejumlah studi di Jepang menunjukkan, berjalan atau berlari, bahkan hanya tiga meter saat gempa bumi secara signifikan akan meningkatkan risiko cedera.

  2. Berlindung di bawah meja adalah salah satu cara untuk melindungi Anda dari benda-benda yang bisa berjatuhan karena gempa.

  3. Saat pertama kali lantai atau tanah berguncang, Anda tak tahu seberapa besar gempa bumi tersebut akan terjadi. Jadi, jika Anda ingin pergi dari tempat ada berada, berarti Anda mengambil risiko terjatuh atau tertimpa benda.

  4. Gempa bumi tidak berlangsung lama. Seberapa cepat Anda bisa meninggalkan gedung saat lantai atau tangga bergerak dan berguncang tanpa Anda bisa prediksi. Ditambah ada kemungkinan Anda tertimpa benda-benda yang berjatuhan saat berlari turun dan keluar dari gedung.

  5. Benda-benda juga bisa berjatuhan di luar gedung. Jadi tidak sesederhana itu untuk meninggalkan gedung. Anda harus pergi jauh dari gedung dan bangunan sekitarnya. Material yang berjatuhan, seperti batu bata dan kaca bisa membunuh orang yang berada di luar saat gempa bumi.

  6. Jika gedung kolaps atau ambruk, furnitur yang kuat atau bathtub dapat memberikan area yang memungkinkan Anda bertahan hidup sampai petugas tim SAR bisa menemukan Anda. Jika Anda mencoba untuk berjalan ke suatu tempat, kemungkinan besar Anda tidak bisa menemukan benda untuk berlindung.

Baca Juga:  10 Tahun Berpacaran, Laki-laki Ini ditinggal Menikah Kekasihnya Dengan Pria Lain

Di Amerika Serikat dan Jepang, risiko terjatuh dan tertimpa benda-benda yang berjatuhan meningkat dengan pergi ke tangga darurat. Jadi, bertahan di tempat Anda dan cari benda yang bisa melindungi Anda adalah pilihan terbaik.

Jika gempa berhenti dan Anda yakin kondisi sudah aman, Anda bisa keluar dari gedung tersebut. (sc:viva)

Komentar