Banyak Sampah, 3 Kapal Pesiar Dikabarkan Batal Berlayar ke LOMBOK

      Komentar Dinonaktifkan pada Banyak Sampah, 3 Kapal Pesiar Dikabarkan Batal Berlayar ke LOMBOK

KATEGORI

Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube

Sebanyak tiga kapal pesiar membatalkan pelayaran menuju Pulau Lombok. Rencananya, ketiga kapal pesiar akan mengangkut masing-masing 1.500 hingga 2.000 wisatawan mancanegara dari sejumlah negara.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar, Erry Ardiyanto mengatakan salah satu alasan kapal pesiar tersebut enggan melakukan penyeberangan ke Lombok lantaran adanya tumpukan sampah yang ada di lokasi wisata.

Ia juga menyebutkan pihak agen kapal pesiar dari Singapura telah menerima informasi bahwa tiga kapal pesiar tersebut akan membatalkan pelayaran ke Lombok.

“Sampah di tempat wisata menjadi keluhan. Tetapi, isu sampah tersebut sudah kami tanggulangi,” lanjut Erry.

Erry mengaku bahwa upaya untuk menanggulangi permasalahan sampah di beberapa destinasi wisata tidak bisa dilakukan sendiri oleh pihaknya. Namun harus ada dukungan penuh yang nyata dari seluruh masyarakat.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, Lalu M. Faozal, menerangkan bahwa seluruh kapal pesiar yang dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan Lembar akan merapat sesuai jadwal pada tanggal 13 Maret 2019 mendatang.

“Tanggal 13 merapat kapalnya sesuai jadwal. Saya tidak dengar itu (perihal kapal batal berlabuh, red.). Setiap kapal yang berlabuh yang urus provinsi (Dispar NTB, red.),” ujar Faozal saat dikonfirmasi, Senin (11/03/2019), melalui pesan singkat.

Selain itu Faozal juga menerangkan bahwa Dispar NTB selaku dinas yang bertanggungjawab terhadap sektor pariwisata NTB selalu melakukan aksi bersih-bersih objek pariwisata. Salah satunya adalah bersih-bersih pelabuhan setiap kali ada kapal pesiar yang akan berlabuh ke Lombok.