PORTAL BERITA LOMBOK

Budayakan Lombok Membaca

Berikut 110 Fintech Ilegal Versi OJK Dan Bahayanya Bagi Para Pengguna

11:51 AM | April 7, 2021

LOMBOK GROUP NEWS | Dengan adanya pinjaman online seperti sekarang ini, memang merupakan sebuah kabar baik bagi masyarakat. selain karena prosesnya yang lebih mudah dan efesien namun juga karena waktu pencairan dana lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman offline di Bank.

Tidak hanya itu, kemudahan pinjaman online ini juga tidak memerlukan proses survey sehingga dengan hanya menginput data sesuai KTP saja, maka pengajuan akan lansung disetujui.

Namun, tahukah anda dibalik kemudahan itu ada resiko yang sangat besar yang harus ditanggung para nasabah. menurut beberapa laporan, pinjaman online ini bahkan bisa menyebabkan depresi hingga bunuh diri.

Sebelum mengajukan pinjaman online, dikutip dari viralorchard.com berikut bahaya pinjaman online yang harus anda ketahui:

1. Bunga Tinggi

  • Bahaya dari peminjaman online yaitu memiliki bunga yang cukup tinggi dibandingkan dengan peminjaman secara offline. OJK belum memiliki ketentuan batas bunga peminjaman, sehingga untuk bunga peminjaman online masih simpang siur dan kemungkinan bisa ditetapkan sendiri oleh pihan Fintech.
  • Apalagi, jika kalian meminjam dana online lewat perusahaan ilegal, maka harus siap-siap membayar hutang dengan bunga sangat tinggi.  Bunganya akan berlipat ganda apabila kalian telat membayar. Jadi pastikan kalian membayar hutang sesuai tanggal yang ditentukan agar bunganya tidak semakin besar.

2. Dikejar Oleh Debt Collector

  • Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya perusahan pinjaman online menggunakan Dept Collector untuk menagih hutang para nasabahnya. Namun sering kali para dept collector menagih secara paksa. Bahkan tak jarang ada dept collector yang memberikan berbagai macam ancaman yang bisa membahayakan keselamatan para nasabah.
  • Setiap ancaman yang diberikan akan memaksa peminjam untuk mengembalikan uang pinjaman beserta bunganya. Lebih gilanya lagi, biasanya dept collector akan menghubungi nomor kontak yang tersimpan didalam smartphone, karena secara tak langsung kita memberikan izin pada aplikasi pinjaman online untuk mengakses nomor kontak telepon yang tersimpan di smartphone.
Baca Juga:  PayTren Milik Ust. Yusuf Mansur Bubarkan Diri

3. Data Pribadi Terancam

  • Saat mengajukan pinjaman online, nasabah diminta mengisi data pribadi melalui aplikasi pinjaman online. Namun, data pribadi yang diisi sebetulnya sangat berbahaya. Data yang telah data masuk bisa disalahgunakan apalagi jika meminjam lewat perusahaan ilegal.
  • Tentu kalian tidak ingin data pribadi diumbar ke orang lain, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dll. Oleh karena itulah kalian harus hati-hati saat meminjam uang secara online. Pastikan meminjam dari perusahaan yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Jangan sampai meminjam uang dari perusahaan abal-abal yang hanya akan merugikan dikemudian hari.

4. Plafon Pinjaman Rendah

  • Jika kalian ingin meminjam di peminjaman online, pihak perusahaan tidak akan memberikan dana yang cukup tinggi. Pinjaman yang diberikan hanya sekitar 1-2 juta saja.
  • Nah, bagi kalian yang ingin meminjam dana cukup tinggi pada peminjaman online, cara ini tidak efesien. Lebih baik, meminjam dalam bentuk offline seperti bank agar dapat meminajam dana cukup tinggi serta rendah bunga.
Baca Juga:  Hati-hati, Go-Food Dan Grab-Food Masih Jual Makanan Olahan Anjing

5. Denda Cukup Besar

  • Ketika salah satu nasabah pinjaman online tidak memabayar cicilan setiap bulannya, maka akan dikenakan denda. Nasabah telat membayar cicilan wajib membayar denda juga bunga.
  • Denda yang diberikan oleh nasabah cukup tinggi. Tentu saja sangat merugikan nasabah karena harus membayar cicilan bulanan, bunga, serta denda telat pembayaran cicilan.

6. Menyebabkan Depresi

  • Melakukan pinjaman secara online, dapat membuat nasabah merasa depresi. Depresi bisa terjadi ketika nasabah tidak membayar cicilan setiap bulannya dan dikejar-kejar oleh dept collector dengan berbagai cara bahkan dengan kata-kata kasar hingga maki-makian yang tidak pernah anda bayangkan.
  • Tidak hanya dikejar oleh dept collector saja, namun depresi juga bisa terjadi karena harus membayar cicilan perbulan, bunga, serta denda yang diberikan oleh perusahaan pinjaman online.
  • Selain itu, dept collector juga akan meneror seluruh nomor kontak hand phone anda saat melakukan penagihan, bahkan foto-foto di dalam gallery Hand Phone akan disebar dan dibuat meme-meme yang memalukan.
Baca Juga:  Nasib Bandara Internasional Kertajati Yang Dibangun Jokowi, Kini Jadi Lapak Foto Prewedding

7. Belum Terdaftar Dalam OJK

  • Banyak aplikasi pinjaman online yang belum terdaftar dalam OJk. Jika, aplikasi pinjaman online belum terdaftar dalam OJK dapat dikatakan masih ilegal.
  • Peminjaman online ilegal sangat membahayakan konsumen karena total pengembalian dan denda akan tidak terbatas. selain itu, pinjaman online ilegal tidak terdapat alamat kantor yang jelas serta identitas pengurus.

8. Biaya Adminstrasi Tidak Transparan

  • Salah satu bahaya pinjaman online adalah biaya adminstrasi tidak transpran. Alhasil para nasabah beresiko harus membayar hutang lebih besar dari kesepakatan diawal. Biasanya hal tersebut dikarenakan nasabah harus membayar biaya denda keterlambatan dan denda lainnya yang notabennya tidak masuk akal.
  • Tidak heran ketika awal pencairan dana, nasabah memiliki potongan administrasi yang cukup besar bahkan hingga 30%.

Nah, setelah anda mengetahui bahaya dan resiko menggunakan fintech atau pinjaman online, berikut juga kami lampirkan beberapa nama fintech atau pinjaman ilegal berdasarkan laporan OJK

TUNAI GESITPULAU BAHAGGIA
TUNAI CEPATDANA PRIBADI
DOKUKUPAHLAWAN PINJAMAN
UANG CEPATDANA KITA
GO DUITUANG PINTAR
DANA CEPATCASH GO
DANA SPEEDDANA SAKU
HALO MONEYLAJU DANA
MODAL BERSAMAFULUS CERDA
KSP HIDUP HIJAUFULUS REZEKI
PINJAM GOOGLEPINJAM GO
FULUS KINIMODAL REZEKI
TARIK TUNAIUANG DANA
DANA DOMPETPINJAMAN UNTUNG
KSP BELI BELIMODAL JAMINAN
DANA PINTARRAJA FULUS
DOMPET SELEBRITIDATANG PINJAM
MODAL UANGBANTU TEMAN
KUOTA KITAMEGA UANG
UANG KARYAWANPINJAMAN KU
MODAL PENTINGBANDAR MODAL
DUIT AMPUHDOMPET TEPAT
YES DANAMODAL FRESH
ZAMAN DOMPETKOTAK KAY
SAKU GESITMODAL MIMPI
UANG CEPATBANTU PINJAM
DOMPET CAIRBHIN BHIN
UANG KARIBDOMPET PUNDI
UANG RUMAHNANAS DOMPET
LOAN SEGARADANA SAKU
KREDIT RUPIAHPINJAM MA
UANG BESOKPUNDI UNTUNG
RUPIAH TRENPUNDI DADAKAN
MODAL SOLUSIPINJAM PAS
UANGBOS DUIT
MODAL NIKMATRUPIAH PETIR
PINJAM DOMPETPINJAMAN TOP
GO KREDITPITIH KAWAN
PINJAMAN HARIPINJAM GAMPANG
FULUS TERBAIKPINJAMAN LANCAR
DUIT KITAUANG BANTUAN
PITIH AMPUHPINJAM SAJA
PUNDI CEPATDOMPET USAHA
UANG MUKJIZATDANA PAS
IDANAPINJAMQ
YODANADAILY KREDIT
TUNAI LITE.INDO CASH
SOLUSI KITAKREDIT CEPAT
PINDANA RAKYAT
HARTA MODALBANTU SAKU
PUNDITEMANUANG HIJAU
.BERI MODALDAANA MILENIAL
PUNDI MUKTAHIRDUIT KINI
KREDIT BERKAHPINJOL KUY
PINJOL RAHASIADANA HEBAT
PINJAM SONODUIT HARAPAN
MODAL GEMILANGPINJAM JUGA
PUNDI PILIHANTANAMAN UANG
BADAI UANGSOBAT UAN
SINI PINJAMRUPIAH HIDUP
Sumber: OJK