• Lombok, Nusa Tenggara Barat
4 Manfaat Puasa Senin-Kamis Menurut Nick Priest, Dosen Biologi dan Biokimia Universitas Bath

4 Manfaat Puasa Senin-Kamis Menurut Nick Priest, Dosen Biologi dan Biokimia Universitas Bath

Sebagian orang pasti tak asing dengan puasa Senin dan Kamis. Puasa Senin & Kamis memang termasuk dalam ajaran salah satu agama. Namun, ‘penganut’ jenis puasa ini tergolong luas dan lintas agama.

Bahkan terdapat diet dengan menganut sistem yang sama yakni, diet 5:2. Diet ini menuntut orang untuk menyediakan dua hari ‘puasa’ dalam seminggu. Baik puasa Senin dan Kamis maupun diet 5:2 sama-sama memiliki prinsip serupa dan manfaat untuk kesehatan. Ada empat manfaat yang bisa dipetik dari rutin berpuasa.

Satu.Makin kurus
Sebuah studi yg dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, partisipan yang menjalani diet 5:2 mengalami penurunan berat badan hingga 5 persen. Sebanyak 27 partisipan dengan obesitas dilihat kemampuan metabolisme lemak dan glukosanya selama diet. Selama puasa, partisipan diminta untuk mengurangi asupan kalorinya hingga 600 kalori.

Baca Juga:  Kisah Sultan Murad Ketemu Mayat Seorang Wali yang Gemar Beli Miras dan Pelacur

Dua.Mengurangi risiko serangan jantung
Dari penelitian serupa, periset juga menemukan tekanan darah sistolik pada partisipan berkurang hingga 9 persen. Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang diterima pembuluh darah saat jantung berdetak. Mereka yang tidak menjalani diet 5:2 justru tekanan darah sistoliknya meningkat hingga 2 persen.

Tiga.Meningkatkan kemampuan mengingat
Satu hal yang peneliti temukan ialah diet menyediakan ‘bahan bakar’ alternatif. Selain itu karena mengakibatkan tekanan oksidatif ringan, diet membuat kemampuan sel saraf untuk memperbaiki kerusakan oksidatif DNA.

Diet jg melindungi otak dari risiko parkinson dan penyakit alzheimer. Diet, khususnya ketogenik, juga mengurangi risiko kejang dan meningkatkan kemampuan belajar & mengingat.

Baca Juga:  Pandangan Steven Indra Wibowo (Ketua Muallaf Center Indonesia) Tentan Film Arr Rissalah Atau The Massage

Empat. Meningkatkan kemampuan sistem imun
Satu hal lagi yg cukup mengejutkan ialah puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah riset yg dilakukan oleh tim Longo menyebut puasa pada pasien kanker membuat kadar sel darah putih menurun sementara, tetapi kemudian mengalami peningkatan. Sel darah putih merupakan elemen penting dalam sistem pertahanan tubuh.

Namun, Nick Priest, dosen biologi dan biokimia Universitas Bath mengingatkan bahwa puasa dalam jangka panjang malah akan menimbulkan infeksi.
Sc:cnn