• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Tembus Eropa: Ini Kisaran Harga Sepeda Motor Listrik Karya Anak Lombok-NTB



Foto: Produksi Sepeda Listrik milik Gde Sukma Wijaya (Istimewa).

LOMBOK GROUP, NEWS – Gde Sukma Wijaya, warga Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB, berhasil memproduksi motor listrik. Bahkan buatannya itu sudah dipesan oleh beberapa negara Eropa.

Di bengkel sederhana itu, Sukma merakit sepeda motor listriknya. Karyanya itu diberi merek Lebui, menurut sang Gde Le-bui itu merupakan singkatan dari Lombok E-Bike Builder. Saat ini bengkel tersebut sedang memproduksi motor listrik pesanan dari konsumen di negara-negara Eropa, Amerika dan Australia.

Selain itu menurutnya Keunikan dari motor ini bisa dikayuh layaknya sepeda dan bergerak menggunakan daya listrik dengan kecepatan tinggi, juga tampilannya yang khas. Karena menggunakan ban yang cukup besar, serta rangka bodi yang lebih besar dari sepeda pada umumnya.

Baca Juga:  Download Formasi CPNS 2021 Kabupaten Lombok Barat

Gde Sukma juga memberi kenyamanan bagi para pengguna produksinya itu, yakni dengan alarm. Alarm itu sebagai tambahan di bagian motor listrik produksinya, untuk menghindari aksi maling.

Sepeda motor listrik ini menggunakan baterai litium 48 Volt. Dc 30 amper dan memiliki bobot 40 kg. dengan Jarak tempuh yang bisa dilalui mencapai 150 km lebih, hanya dengan sekali mengisi daya listrik dengan durasi pengisian hanya 2 jam, ungkapnya.

Kemampuan baterai ini dianggap cukup baik dibanding produk-produk lainnya.

Untuk mendapatkan sepeda motor listrik ini, tidak bisa langsung jadi. Namun harus memesan terlebih dahulu, disertai dengan pemilihan model dan warna yang diinginkan.

Baca Juga:  Kartu Merah Dari BEM UNRAM Untuk Pemerintahan Jokowi??

Ketika ditanya Berapa harganya? menurut Gde Sukma Setiap kendaraan berbeda-beda, menyesuaikan varian dan bentuk yang dipesankan oleh pembeli. Harga dibanderol antara Rp16 juta hingga Rp30 juta.

Sepeda motor listrik ini sudah diperkenalkan sebelumnya melalui media sosial. Hingga kini, lebih dari 100 unit yang sudah dipasarkan, baik ke mancanegara maupun dalam negeri.

Bahkan bengkel industri kecil yang mempekerjakan 5 karyawan ini sudah rutin memasok produk sepeda motor listrik ini ke Amerika. Juga beberapa negara di Asia dan Eropa. Beberapa negara yang sudah memesan seperti Australia, Italia dan Norwegia.