• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Bolak-balik Pindah Agama, Penyanyi Marcell Siahaan Akhirnya Memutuskan Masuk Islam




LOMBOK GROUP NEWS | Marcell Siahaan menceritakan pengalaman pindah agama berkali-kali kepada Daniel Mananta. Secara terbuka, Marcell membeberkan alasan mantap memeluk agama Islam sebelum menganut Katolik hingga Buddha.

Setelah menjadi mualaf, Marcell Siahaan menggambarkan sosok Allah SWT yang menjadi Tuhannya. Seperti apa pengakuan Marcell Siahaan kerap kali pindah agama? Simak penjelasan selengkapnya.

Ikuti Ajaran Semua Agama

Perjalanan spiritual Marcell Siahaan cukup panjang. Ia terlahir sebagai pemeluk agama Katolik, lalu pindah agama ke Buddha, dan kemudian mantap menjadi seorang Muslim. Marcell Siahaan mengaku tidak ingin merasa takut untuk mencari cara untuk khusyuk dengan Tuhan.

“Kenapa perjalanan (spiritual) gua seperti ini? Karena gua gak mau merasa takut. Gua pengen terus mencari cara menjembatani gimana caranya gua benar-benar bisa khusyuk. Bisa benar-benar intim dengan sang khalik. Dan akhirnya itu yang pengin gua dapetin,” kata Marcell Siahaan dilansir IntipSeleb dari YouTube Daniel Mananta Network yang diunggah pada 31 Maret 2021.

Baca Juga:  KH. Hasan Abdullah Sahal: Kita Dijebak dengan Istilah 'Radikalisme'

Saat masih kecil, Marcell Siahaan bahkan senang menonton semua ajaran agama yang disiarkan di televisi. Ia merasa nyaman dengan gemar menonton semua ajaran agama.

“Dulu di TVRI itu ada beberapa acara agama. Mimbar agama Islam, mimbar agama Katolik, dan mimbar agama Buddha. Waktu dulu kan ada, Hindu sama Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa juga ada. Nah gua penggemar acara itu. Gua nontonin itu semua,” sambung penyanyi berusia 43 tahun itu.

Bongkar Alasan Masuk Islam

Kemudian, Marcell Siahaan mengungkapkan alasannya menjadi seorang Muslim. Pasca menikah dengan Rima Melati Adams dan menikah tahun 2009, Marcell belum memeluk agama Islam. Namun sang istri kerap kali menunjukkan caranya beribadah hingga mengajaknya puasa Ramadhan.

Baca Juga:  10 Ulama Besar yang Dipenjara dan Dikriminalisasi Penguasa

“Gua bertemu Rima. Rima menunjukkan cara dia beribadah dengan caranya sendiri. Dia Muslim. Rima kasih tahu keeratan keluarga Islamnya. Gua nyaman-nyaman aja. Makan bareng, sahur tetep ikut,” ungkap Marcell Siahaan.

Saat masih agnostik, Marcell Siahaan sering duduk disamping kerabatnya yang melaksanakan ibadah salat. Setelah menjadi mualaf, Marcell mengaku sangat nyaman dan senang berada di fase ini.

“Gue nyaman, gue seneng, gue yakin bahwa segala sesuatu harus ada titiknya. Itu aja. Dan gue merasa bisa berbuat banyak hal. Menjadikan diri gue sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Jadi bukan hanya pencapaian spiritual buat diri gue, tapi pencapaian spiritual eksternal. Jadi buat anak dan istri gue juga,” kata pelantun lagu Takkan Terganti tersebut.

Baca Juga:  Covid-19: Diam-diam Ternyata Aktor Senior Ini Sudah Muallaf Karena Wudhu'

Terakhir, Marcell Siahaan disinggung mengenai Allah SWT sebagai Tuhannya. “Dia tuh menjadi Maha Kokoh sekaligus yang paling loveable menurut gue. Jadi bener-bener dua unsur yang menguatkan, dia cantik dan agung pada saat yang bersamaan. Dia jamal (elok) dan jalal (mulia) dalam saat bersamaan. Itu terngiang-ngiang,” tutup Marcell Siahaan mengenai perasaannya setelah masuk agama Islam.

Sumber: Intipseleb.com