• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Ada Indomaret Di Kampus, Mahasiswa: Bagaimana Nasib Koperasi Kami?




Mahasiswa dikagetkan dengan tiba-tiba terkait adanya retail modern didalem area kampus mereka, pasalnya pembangunan retail modern tersebut sebelumnya tidak ada sosialisasi dari pihak kampus kepada para mahasiswa.

Dilansir dari talikanews.com, bangunan Retail Modern milik Indomaret atau PT Indomarco Prismatama yang merupakan jaringan retail waralaba salah satu anak perusahaan Salim Group berdiri tegak di kawasan Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Berdirinya retail modern itu menjadi pertanyaan para mahasiswa setempat. Bahkan, menuding pihak Universitas atau Rektorat tidak transparan.

“Tidak ada sosialisasi sebelumnya terkait pembangunan Indomaret di Kawasan Kampus Unram itu. Ini patut dipertanyakan,” ungkap Muhammad Al Fajar salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK).

Baca Juga:  Viral,, Rombongan Anggota DPRD Sumbar Dan DPRD Mentawai Dari Partai NASDEM Dilarang Mendarat Di Kawasan Aloita Resort di Pulau Makakang Oleh Wisatawan Asing

Dia menyampaikan, para mahasiswa sesalkan sikap Universitas, mengingat di kawasan Universitas ada Koperasi Mahasiswa(Kopma) yang harus di berdayakan oleh pihak Kampus.

Gambar: Bangunan Indomaret Di Area Kampus Unram, Talikanews.com.

 

Pengurus Kopma juga mempertanyakan alasan pihak Universitas membangun Indomaret yang ada dalam kawasan kampus. Sehingga, mereka menduga ada upaya Universitas Mataram akan di komersilkan oknum tertentu.

“Kami minta supaya pihak Universitas melakukan sosialisasi kepada mahasiswa dan meminta agar menajemen keuangan diperuntukkan pembangunan kampus,” tegasnya.

Terkait hal itu, Wakil Rektor II Prof.Dr. Kurniawan Ahmad menyampaikan, pembangunan Indomaret di lingkungan Kampus Unram sudah direncanakan sejak awal. Hal itu dinilai cukup wajar karena mengingat Unram berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Menurutnya, pembangunan ini juga memberikan manfaat bagi mahasiswa khususnya yang mau berwirausaha dan di persilahkan.

Baca Juga:  Hanya Dengan Garam Pencuri dengan Mudah Memecah Kaca Mobil

“Unram punya kewenangan menghadirkan Indomaret, agar tidak bergantung dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Jika Koperasi Mahasiswa Unram (Kopma) ingin terlibat, kami membuka buka ruang,” tutupnya (TN-07)/ talikanews.com