• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Megawati Tunjukkan ‘Salam Pancasila’, Netizen Upload Video Mirip Salam Merdeka




Dilansir dari Kompas.com, Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Megawati Soekarnoputri memperagakan “salam Pancasila” yang diajarkan oleh proklamator Ir Soekarno.

Hal itu dilakukannya di depan 503 mahasiswa perwakilan dari seluruh Indonesia yang sedang mengikuti program Penguatan Pendidikan Pancasila yang digelar oleh UKP-PIP di halaman Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/8/2017).

“Saya pikir kita akan ada di dalam ruangan sehingga nanti bisa divisualisasikan. Tapi karena kita di kebun, tidak apa-apa juga ya. Salam Pancasila yang sebenarnya, begini,” ujar Megawati sambil memperagakan gerakan.

Baca Juga:  Netizen Penasaran Buku Yang Dibaca Anies Baswedan, Ini Isinya

Tangan kanan Mega serupa posisi hormat. Namun, ujung jari tidak menempel di dahi, melainkan berjarak sejengkal dari dahi bagian kanan. Gerakannya pun mesti sedikit menghentak.

Megawati kemudian berteriak, “Salam Pancasila”. Serentak, para mahasiswa melakukan persis yang diperagakan Megawati. “Salam Pancasila”, seru mereka kompak.

Megawati melanjutkan, sebenarnya ada dokumen otentik yang menunjukkan salam tersebut diciptakan oleh Bung Karno.

“Beliau (Bung Karno) berkeinginan setiap warga negara secara fisik itu memberikan salam hormatnya satu sama lain dengan cara salam Pancasila itu,” ujar Megawati./kompas

Baca Juga:  Ustadz Abdul Somad Dilaporkan Ke Polda Bali Terkait Penistaan Agama

Mersepon pidato Megawati tersebut Netizen rame-rame mengupload video lama yang mirip dengan salam pancasila ala megawati, namun dalam video tersebut dinyatakan bahwa salam itu adalah salam merdeka

Berikut Videonya: