• Lombok, Nusa Tenggara Barat
Isi Hari Lahir Pancasila, Kodim Medan Nobar Film Pengkhianatan G30/S PKI

Isi Hari Lahir Pancasila, Kodim Medan Nobar Film Pengkhianatan G30/S PKI

Kodim 0201/Berdiri Sendiri (BS) Kota Medan mengisi peringatan Hari Lahir Pancasila dengan acara nonton bareng (nobar) film Pengkhianatan G30/S PKI, dan penyerahan tali asih, serta bantuan sembako kepada veteran asal Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara.

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, dalam sambutannya di Kota Medan, Senin (1/6), mengatakan, kegiatan ini sebagai rasa hormat dan wujud kepedulian terhadap para veteran di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Selain para veteran, acara nobar dengan menerapkan Protokol Kesehatan seperti menjaga jarak dan pakai masker, juga dihadiri anggota Hipakad Kota Medan, serta segenap personel Kodim 0201/BS. Kegiatan memperingati Hari Lahir Pancasila kali ini dilakukan dalam ruangan dengan acara sederhana, namun tetap khidmat dan meriah.

Baca Juga:  MER-C: Bima Arya Harus Belajar Etika Kedokteran, Independensi Tim Medis Dan Hak Pasien

“Biasanya, acara peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan upacara. Namun atas petunjuk komando atas di tengah pandemi Covid-19, maka acara dilakukan dalam ruangan dengan tetap mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan,” ujarnya.

Roy menyebutkan, acara nobar film Pengkhianatan G30/S PKI yang biasanya diputar setiap 1 Oktober saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dan sengaja digelar saat ini sebagai upaya untuk semakin membumikan Pancasila.

Pemutaran film Pengkhianatan G30/S PKI ini juga mengikuti tema peringatan kali ini, yaitu ‘Pancasila dalam Tindakan, Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”. Karena hanya Pancasila sajalah yang bisa dan mampu mempersatukan bangsa yang terdiri dari beragama suku dan agama ini dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga:  NU Soal Ketua BPIP: Tunjukkan Letak Agama Musuh Pancasila

“Melalui film ini juga, ia berharap para generasi muda Indonesia bisa lebih menghargai perjuangan para veteran akan terus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia,” jelasnya.
Roy mengatakan, dalam acara ini, baik para veteran, anggota Hipakad Kota Medan, maupun seluruh personel Kodim 0201/BS, juga berkesempatan mendengarkan secara virtual pidato Presiden RI Joko Widodo yang secara lugas menegaskan bahwa Pancasila selamanya akan hidup di bumi PertiwiIndonesia.

Turut dalam acara tersebut, Pasi Intel Kodim 0201/BS Mayor Czi Andre Prasetya Wibowo, Pasiter Mayor Inf Romi Sembering, serta sejumlah perwira staf dan Bintara Kodim 0201/BS.