• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Keluarkan Sperma Diluar Dan 1 Jam Lagi Dimasukkan Ke Kelamin Pasangan, Apakah Bisa Hamil?




Seseorang pasien bertanya kepada dokter Apakah bisa terjadi kehamilan jika alat kelaminnya dimasukan kedalam kelamin pasangannya setelah 1 jam mengeluarkan sperma saat melakukan hubungan intim.

Hallo dok, saya mau bertanya. Saya dengan pasangan saya mengeluarkan sperma lalu dikelamin saya spermanya menempel, 1 jam kemudian saya memasukan kelamin saya tanpa dicuci dahulu lalu saya masukan ke dalam kelamin pasangan saya tetapi hanya diujungnya saja. Apakah itu bisa menyebabkan kehamilan? Terima kasih dok, Tanya rangga (Nama samaran).

Berikut tanggapan singkat dr. Thalitha terkait pertanyaan tersebut diatas:

Baca Juga:  Video: Oknum Dokter Dan Perawat Kepergok Mesum Dalem Mobil Area Parkir Bandara

Alo Rangga,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Prinsip terjadinya kehamilan adalah bertemunya sel sperma dan sel telur sehingga terjadi pembuahan yang berkembang dan tumbuh menjadi janin.

Hal ini tentunya dapat terjadi dalam berbagai kondisi, dan kondisi yang paling umum adalah apabila terjadi ejakulasi tanpa menggunakan alat kontrasepsi (kondom, IUD, kontrasepsi hormonal seperti pil atau suntik, dll) di dalam liang kelamin perempuan yang sedang mengalami masa subur.

Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi ‘tidak umum’ yang juga dapat menyebabkan kehamilan.

Sel sperma dapat hidup di media yang hangat dan dengan pH yang sesuai seperti kelamin perempuan selama 3-5 hari, dan dalam masa itu sel sperma dapat berenang ke arah sel telur yang siap dibuahi, yang biasanya terjadi pada masa subur seorang wanita.

Baca Juga:  Kata Dokter: Tips atau Cara Mendapatkan Bayi atau Kehamilan Kembar

Sehingga, kondisi ‘tidak umum’ seperti menempelkan sperma atau air mani yang berisi sel sperma ke dalam kelamin pasanganmu meskipun hanya di ujungnya saja, meskipun kecil, tetap dapat berisiko menimbulkan kehamilan.

Untuk selanjutnya, sebaiknya Anda dan pasangan memantau tanda-tanda kehamilan, dan gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Semoga informasi ini dapat membantu.

Salam.