• Lombok, Nusa Tenggara Barat
Tidak Ada Lagi Penerimaan CPNS Untuk Tahun 2020 Dan 2021

Tidak Ada Lagi Penerimaan CPNS Untuk Tahun 2020 Dan 2021

Pemerintah tidak akan membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam dua tahun ke depan, kecuali untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa tidak akan ada pembukaan penerimaan maupun seleksi CPNS pada 2020 dan 2021 mendatang. “Rekrutmen CPNS, 2 tahun ini tidak ada,” ungkap dia ketika berada di kawasan Gedung DPR RI, Senin (6/7).

Sedangkan untuk program sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer akan tetap berjalan seperti biasa di 20201. “Kedinasan yang memang sudah terprogram seperti Akpol, Akmil itu tetap di 2021,” tambahnya.

Baca Juga:  LPP RRI Buka Penerimaan CPNS 2021, Berikut Formasinya

Ia juga mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo juga meminta agar ada penyederhanaan birokrasi. Dengan begitu, kebutuhan pegawai pun dapat diisi melalui PNS yang sudah ada.

Menurut Tjahjo, saat ini Presiden Jokowi memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan. Sebab langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.

“Tahap ini kami target selesai akhir tahun,” ujarnya.

Selain itu, Sebelumnya, pemerintah juga mengundur pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Formasi Tahun 2019. Tahap tersebut rencananya akan digelar setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan Formasi Tahun 2020. Kemungkinan, tes SKB paling cepat digelar mulai Agustus 2020.

Baca Juga:  Gila! 21 Miliar Hanya Untuk Menyampaikan Bahwa Haji Batal, Menag Yaqut Dicecar

Namun, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan kabar yang beredar di masyarakat itu belum resmi. Dia mengatakan BKN sampai saat ini belum menetapkan jadwal pelaksanaan SKB.

’’Nanti kalau sudah keluar (keputusannya) akan kami sampaikan ke publik,’’ katanya Minggu (5/7).