• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Aktor Chadwick Meninggal Dunia | Kisah Balik Penampilannya Sebagai BLACK PANTHER




Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan, kali ini dari Hollywood yang dikenal sebagai tempat kelahiran film-film tersukses. Aktor pemeran Black Panther, Chadwick Boseman mengembuskan napas terakhir pada Sabtu pagi, (29/8/2020), waktu Indonesia.

Menurut keterangan unggahan akun Instagram @chadwickboseman, Aktor 43 tahun itu tutup usia setelah berjuang melawan kanker usus stadium empat yang sudah dideritanya sejak tahun 2016, dan tahun ini penyakitnya mencapai stadium empat.

“Dengan kesedihan mendalam, kami mengonfirmasi meninggalnya Chadwick Boseman,” tulis keterangan foto.

Menurut pernyataan juru bicaranya, Nicki Fioravante kepada Associated Press, Boseman meninggal di kediamannya yang berada di Los Angeles dengan didampingi istri dan keluarga tercinta.

“Seorang pejuang sejati, Chadwick bertahan melalui itu semua dan membawakan Anda banyak film yang sangat Anda sukai,” ungkap pihak keluarga“Sebuah kehormatan bagi kariernya untuk memerankan (karakter) Raja T’Challa dalam kehidupan Black Panther.”

Sembari mengenang Chadwick Boseman, mari kita ingat kembali peran ikonisnya sebagai sang Black Panther. Terkenal dengan slogan ”Wakanda Forever”, Chadwick Boseman tampil dalam look ikonis dalam film garapan Marvel Cinematic Universe tersebut. Kostum hitam body fit Black Panther ini merupakan karya desainer kostum asal Amerika Serikat, Ruth Carter bersama timnya.

Baca Juga:  Innalillahi Wainna Ilaihiraajiuun, Pedangdut Imam S Arifin Meninggal Dunia

Proses pembuatan kostum ini cukup memakan waktu, mengingat ada empat jenis busana yang digunakan dalam adegan film Black Panther.

Dilansir dari Vox, Sabtu (29/8/2020), setelan kostum ini terdiri dari potongan-potongan kecil yang dapat dilepas-pasang oleh Chadwick, sehingga mereka tidak harus selalu menutup bagian mata dan hidungnya. Lalu, penyempurnaan kostum di depan layar dilakukan dengan teknologi digital.

Kostum Spesial dengan Detail Motif Afrika

@ Marvel Studios

Proses pembuatan kostum ini cukup memakan waktu, mengingat ada empat jenis busana yang digunakan dalam film. Dilansir dari Vox, Sabtu (29/8/2020), setelan kostum ini terdiri dari potongan-potongan kecil yang dapat dilepas-pasang, sehingga mereka tidak harus selalu menutup bagian mata dan hidungnya. Lalu, penyempurnaan kostum di depan layar dilakukan dengan teknologi digital.

Jenis kain yang digunakan juga beragam. Beberapa bagian memanfaatkan material satin, tapi sebagian besar dibuat dengan bahan elastis bercetakan khusus yang menghasilkan efek 3D. Jika dilihat dengan seksama, begitu banyak pola-pola khas Afrika untuk menonjolkan kesan kostum milik Raja Wakanda. Pola tersebut dinamai Okavango.

Baca Juga:  Laura Anna Meninggal, Fotografer Asal Brazil Ini Terkena Serangan Netizen Indonesia

Pengerjaan kostum juga memerlukan keahlian desainer perhiasan, seperti dalam membuat detail potongan besi logam, juga dirancang layaknya perhiasan. Kostum Black Panther dihiasi pula dengan detail garis khas Afrika berwarna emas dan merah dari suku Masai, serta tambahan manik-manik.

Semua desain dan jenis bahan telah disesuaikan dengan postur tubuh dan menunjang Boseman untuk bergerak leluasa. Salah satunya dengan ritsleting yang dipasang tersembunyi, sehingga sang aktor dapat dengan mudah melepas dan memakainya kembali.

Kostum tersebut membuat penampilan Chadwick Boseman semakin terkesan garang dan terhormat. Terutama saat adegan memimpin pasukan Wakanda ke medan perang melawan pasukan Thanos.

Tampilan Gagah Raja T’Challa yang Berpadu Gaya Militer

@Marvel Studios

Seringkali tampil dengan setelan mantel panjang bermotif, Boseman dalam balutan kostum kebesaran Raja T’Challa juga tak kalah gagah. Busana ini juga merupakan buah kreativitas Ruth Carter. Buat T’Challa, Carter merancang mantel berpotongan desain abad ke-18 dan menyulam panel depan, serta bagian lengan dengan sentuhan khas Nigeria. “Saya ingin dia berpenampilan seperti raja sekaligus sebagai pemimpin militer,” kata Carter pada Vulture.

Baca Juga:  Berikut Kemiripan Video Musik Young Lex Dengan Lay EXO

Setelan itu dibuat untuk menampilkan kesan elegan yang bergerak seirama dengan langkah kaki seorang Raja Wakanda. Sementara rakyatnya berpakaian warna-warni khas Afro-punk, T’Challa tampil lebih menonjol dengan wibawa seorang raja mengenakan warna setelan gelap dan bordir yang mewah.

Carter menyatakan bahwa ia tidak berfokus pada gaya pribadi tiap karakter dalam film, tapi ia ingin menonjolkan kesan estetika keluarga dan budaya yang melekat di Afrika. Inilah yang diterapkan dalam setiap kostum Chadwick Boseman saat berperan sebagai Raja rakyat Wakanda.

Demikian kilas balik penampilan Chadwick Boseman sebagai Black Panther. Rest in peace, King!

Reporter: Brigitta Valencia Bellion
Sumber:
Merdeka.com
Liputan6.com