• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Presiden Jokowi Ke Kalimantan Tengah Saat Istana Negara Didemo Mahasiswa




Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI berencana menggelar aksi demonstrasi atau unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (8/10/2020).

Saat aksi demonstrasi tersebut digelar, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tak akan ada di tempat. Pasalnya, Jokowi mempunyai agenda kerja lainnya.

Jokowi dilaporkan akan mengunjungi lahan proyek lumbung pangan atau food estate yang terletak di Kalimantan Tengah.

epala Biro Protokol, Pers, dan Media Setpres, Bey Machmudin, mengatakan rencana Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke lahan food estate tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Baca Juga:  Putra KH Maimoen Zubair: Indonesia Dijajah China

Ia memastikan kunjungan presiden tersebut tak ada kaitannya untuk menghindari aksi penolakan terhadap Undang Undang (UU) Cipta Kerja.

“Tidak, agenda presiden untuk Food Estate sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Jadi sama sekali tidak ada kaitan dengan aksi besok,” kata Bey Machmudin di Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Bey menjelaskan, proyek food estate memang menjadi fokus utama bagi Presiden Jokowi.

Rencananya, pada bulan ini penanaman mulai dilakukan di kawasan yang akan jadi lumbung pangan tersebut.

Isu ketahanan pangan berulang kali disampaikan oleh Jokowi dalam beberapa rapat dengan sejumlah menteri.

Baca Juga:  Ekonom Senior Sekaligus Kader PDIP Ini Mengaku Takut Kritik Pemerintahan Jokowi

Berdasarkan peringatan organisasi pangan dunia (FAO) kondisi pandemi virus corona (Covid-19) saat ini memicu terjadinya kelangkaan pangan.

Hari ini pun disampaikan Bey Jokowi bertolak menuju Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jokowi melakukan ziarah ke makam ibunya lalu menginap kembali di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta.

“Di Solo, agenda presiden adalah nyekar atau ziarah ke makam Ibunda beliau,” terang Bey.

Seperti diketahui, sejumlah aksi massa pada hari ini, Kamis (8/7/2020) merupakan satu rangkaian aksi dari mogok nasional yang dilakukan sejumlah buruh selama 3 hari berturut-turut.

Baca Juga:  Sosok Mahasiswi Sri Labuna, Arak Keranda Gambar Puan Maharani Jadi Tersangka

Belakangan, tak hanya buruh yang melakukan aksi penolakan terhadap UU Cipta Kerja, melainkan juga turut bergabung yakni mahasiswa.