• Lombok, Nusa Tenggara Barat

Turki Jajaki Cita-cita Pak BJ. Habibi Soal Pengembangan Pesawat R80




Laporan dari Pizaro wartawan AA (Anadolu Agency) cabang Indonesia. Turki sedang menjajaki pengembangan Pesawat R80 yang merupakan proyek almarhum BJ. Habibie. Pertemuan kedua kementerian sudah dilakukan dan masih dalam pembicaraan.

Turki sekarang memiliki industri pengembangan pesawat yang maju dan menjadi negara pertama yang dikunjungi pak Habibie untuk menjajaki kerja sama teknologi mesin pesawat pada 2012. Memang Sudah seharusnya negara-negara Muslim kuat dalam industri teknologi.

Hasil dari Kisah Persahabatan

Sebagaimana diketahui Alm Pak Habibie adalah kawan dekat dari mantan Perdana Menteri Turki Alm Erbakan semasa kuliah di Aachen Jerman. Keduanya kemudian menjadi Teknokrat handal dibidangnya. BJ Habibie membuat Pesawat CN235, Erbakan membuat Tank Leopard.

Baca Juga:  BJ. Habibi DiPHP Jokowi? Proyek Pesawat R80 Dihapus Dari Proyek Strategis Nasional 2020-2024

Hubungan keduanya terus berlanjut saat mereka berdua ditakdirkan naik menjadi kepala negara yang mana kemudian menggagas perkumpulan negara D-8 yaitu kerjasama negara Muslim dalam bidang Ekonomi. Bahkan sebagai sahabat BJ Habibie diundang untuk menjadi saksi pernikahan Putra Erbakan di Turki. Saat Erdogan yang merupakan murid Erbakan datang ke Jakarta Indonesia, beliau tidak lupa menyempatkan diri bertemu sahabat gurunya tersebut BJ Habibie.

Apakah kemudian sekarang impian beliau akan terwujud ? Mudah-mudahan segala cita-cita Alm. BJ dapat tercapai. Bisa jadi Erdogan akan melanjutkan cita-cita mereka Erbakan dan BJ Habibie merajut dunia Islam dan mengembangkan teknologi dalam negeri.

Baca Juga:  Jurnalis Dan Muallaf Asal Inggris Angkat Bicara Soal Keputusan Erdogan Yang Melukai Perasaan Paus Fransiskus

Sumber: Anadolu Agency Indonesia