• Lombok, Nusa Tenggara Barat
Berikut 8 Gurita Bisnis Anak Sulung Jokowi, Gibran Yang Jadi Cawalkot

Berikut 8 Gurita Bisnis Anak Sulung Jokowi, Gibran Yang Jadi Cawalkot

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus calon walikota solo 2020 Gibran Rakabuming Raka makin mantap terjun ke dunia politik.

Tepat pada hari pendaftaran dibuka, Jumat (4/9) ini, Gibran bersama Teguh Prakosa rencananya mau mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Solo untuk pemilihan wali kota.

Sebelum terjun ke dunia politik, ayah kandung Jan Ethes Srinarendra ini dikenal sebagai pebisnis di berbagai bidang usaha.

Dikutip dari laman situs finance.ditik.com yang ditulis oleh Soraya Novika, Berikut deretan gurita bisnis Gibran :

1. Chili Pari

Bisnis ini menjadi bisnis perdana bagi Gibran yang mulai dirintisnya pada Desember 2010 lalu. Chili Pari merupakan usaha katering yang dijalankannya cukup lama, sebelum akhirnya menikahi Selvi Ananda pada 2015 silam. Berkat kiprahnya di dunia usaha, Gibran pun dipercaya menjadi Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo

Baca Juga:  Resesi Depan Mata, Jokowi Perintahkan Semua Daerah Ikuti DKI Dan SUMBAR

2. House of Knowledge

Selain itu, Gibran juga mendirikan House of Knowledge yang dibangunnya khusus untuk melatih karyawan lepas katering Chili Pari agar lancar berbahasa Inggris.

3. Markobar

Tak berhenti di situ, menggaet sang adik, Kaesang Pangarep, Gibran membuka bisnis baru, yakni Kafe Markobar. Kafe yang menjual aneka martabak itu kini menjamur di berbagai kota di tanah air.

4. Icolor

Bisnis Gibran kian bertambah. Setelah katering dan martabak, dia menjajal bisnis baru di bidang reparasi produk kenamaan Apple dengan nama ‘Icolor’ dengan konsep jemput bola.

Baca Juga:  Penjelasan Bossman Mardigu WP, Kenapa BBM Indonesia Belum Turun? | Thread

5. Tugas Negara Bos

Selain itu, Gibran turut meramaikan bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerk Tugas Negara Bos. Jas hujan tersebut dijual hanya secara online lewat sejumlah aplikasi belanja online.

6. Mangkok Ku

Masih menggandeng Sang adik, Gibran juga menjajal bisnis kuliner bersama Chef Arnold Poernomo. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.

7. Siap Mas

Belum selesai, kedua putra Presiden Jokowi tersebut kemudian memperkenalkan produk makanan hasil kolaborasi mereka berdua lewat brand ‘Siap Mas’. Siap Mas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Baca Juga:  Jokowi Hapus Limbah Batu Bara dari Kategori Berbahaya, Walhi: Logika Pemerintah Rusak

8. Goola

Selain katering, martabak, merchandise, restoran hingga keripik, pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini juga punya startup kuliner bernama Goola. Goola punya produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

Baru-baru ini startup tersebut mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.

Oleh: Soraya Novika
Link Artikel Asli DISINI